Berita Baru Wabah Ransomware WannaCry Siapa Takut

0
46

Masih kepikiran ya dengan merebaknya virus ransomware WannaCry yang sedang booming? Atau mungkin saat ini anda belum berani untuk menghidupkan laptop dan terhubung ke Internet gara- gara takut kena virus? Hmmmm.. Sebenarnya virus ransomware ini sudah lama muncul lho DomaiNesians. Dari sekian banyak jenis ransomware intinya sama kok. Yaitu mengenkripsi data milik korban lalu meminta tebusan uang agar file korban dapat dibuka kembali. Ransomware dapat menyebar melalui email, website, network share, ataupun beberapa media seperti file zip atau pdf. Nah, untuk Ransomware WannaCry sendiri si pembuatnya memanfaatkan bug pada sistem operasi Windows. Bagi si pengguna Linux atau Mac mungkin bukan masalah. Namun, bagaimana untuk parapengguna Windows? Eiitss jangan takut! Anda dapat melakukan beberapa pencegahan agar komputer anda tidak terjangkit Ransomware WannaCry!

5 Tips Mencegah Ransomware WannaCry!

DomaiNesia punya tips yang bisa mencegah Ransomware WannaCry lho. Intip yuk caranya,

1. Selalu Lakukan Backup

Backup merupakan hal yang sangat penting untuk menghindari adanya indikasi kehilangan data. Mau virus apapun, sepanjang data telah di backup maka anda bisa duduk tenang. Pastikan proses backup dilakukan di beda tempat. Misalnya di hardisk eksternal atau di cloud. Jangan sekali- kali menyimpan file backup di satu jaringan!

2. Non Aktifkan Fungsi Macros

Anda dapat menonaktifkan fungsi macros yang ada di Microsoft. Fungsi Macros ini berfungsi untuk merekam perintah- perintah yang digunakan dalam dokumen.

3. Menonaktifkan Fitur File Sharing (SMB)

Ini nih salah satu bug/ kerentanan yang dimiliki oleh Windows. Apabila memungkinkan, anda dapat menonaktfikan fitur SMB yang ada di Windows ini. Sebenarnya, fitur tersebut berfungsi untuk file sharing. Karena Ransomware WannaCry persebarannya melalui network maka untuk mengantisipasiinya, anda dapat menonaktifkan fitur SMB. Nah, bagi anda yang masih bingung silahkan baca Panduan Menonaktifkan SMB di Windows.

4. Melakukan Blok Port TCP: 139/445 & 3389 dan UDP: 137 & 138

Perlu anda ketahui bahwa port 3389 digunakan untuk remote desktop. Sedangkan port 137/138/139 merupakan port untuk sharing file/ printer. Apabila port tersebut dimatikan, maka fitur file sharing dan printer sharing tidak jalan. Namun bagi anda yang tidak menggunakan fitur ini, tidak masalah.

5. Melakukan Update Security Windows

Sebenarnya, Windows sejak awal tahun ini telah mirilis Patch MS17–010. Patch inilah yang akan menambal bug di sistem operasi Windows. Namun, mungkin beberapa masyarakat Indonesia belum memiliki kesadaran untuk selalu melakukan update. Untuk itu, ayo segera lakukan update Windows ke versi terbaru!

6. Selalu Waspada!

Pastikan anda akan selalu waspada akan file yang anda download. Apabila step 1-5 sudah dilakukan, anda akan aman untuk masuk ke jaringan yang sudah terinfeksi Ransomware WannaCry. Namun, jika anda membuka file pdf, zip, doc, dll dan file tersebut mengandung ransomware maka komputer akan TETAP terinfeksi virus.

Hati- Hati dengan Password “WNcry@2ol7”!

Banyak berita di luar sana mengatakan bahwa password untuk Ransomware WannaCry adalah “WNcry@2ol7”. Itu tidak benar ya DomaiNesians! Jangan mudah percaya dengan berita- berita hoax yang memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan :D. Jadi begini, password tersebut digunakan untuk membuka salah satu komponen malware agar dapat menginfeksi komputer BUKANuntuk membuka file yang telah terenkripsi.

DomaiNesia Bebas WannaCry!

Absolutely, Yes! Semua layanan DomaiNesia BEBAS dari Ransomware WannaCry! Mengapa? Pertama, karena WannaCry hanya menyerang Sistem Operasi Windows saja. Sedangkan di DomaiNesia semua server menggunakan Unix Base OS. Kedua, DomaiNesia menggunakan Deep Layer Security pada tiap servernya. Jadi, jangan khawatir! Data anda aman tersimpan rapi di Hosting maupun Virtual Server Kami

Semua masalah pasti ada solusinya. Untuk saat ini, anda hanya dapat melakukan berbagai pencegahan agar tidak terjangkit Ransomware WannaCry saja. Bagi anda yang takut untuk membuka laptop dan terhubung ke internet, mulai sekarang coba lakukan beberapa tips dari Kami ya. Bagi anda yang khawatir data- data dalam Hosting/ VPS juga bisa terkena, jangan khawatir. DomaiNesia Bebas WannaCry! Kami jamin data- data anda tidak akan hilang dan terenkripsi! Tertarik dengan layanan Domain Murah dan Hosting Terbaik dari Kami? Cek yuk www.domainesia.com sekarang juga. Ada banyak promo loh.

Sumber article By. https://www.domainesia.com/blog/2017/05/cara-mencegah-ransomware-wannacry/