Mengenal Virtual Server DomaiNesia

pernah mendengar kata Virtual Server? Yaps, pasti sudah sering mendengar dong ya. Banyak panduan- panduan sebelumnya yang membahas mengenai Virtual Server DomaiNesia. Salah satu VPS Indonesia yang memiliki keunggulan dengan teknologi termutakhir yaitu Virtual Server DomaiNesia. Namun, tahukah anda apa itu Virtual Server? Apa bedanya Virtual Server dengan Hosting? Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai Virtual Server DomaiNesia.

Apa itu Virtual Server?

Sekilas dari namanya Virtual Server merupakan server yang virtual (tidak nyata). Definisi tersebut memang benar adanya. Namun menurut WikipediaVirtual Private Server (VPS) dibuat dengan membagi resource server fisik ke dalam server-server virtualisasi dimana resource dapat dialokasikan dengan suatu cara yang tidak akan mempengaruhi hardware server secara langsung. Jadi, Virtual Server merupakan suatu teknologi virtualisasi di mana dapat membagi sumber daya sebuah server fisik menjadi beberapa bagian secara virtual. Hampir sama ketika anda melakukan instalasi VirtualBox dalam komputer. Bedanya yaitu, sebuah Virtual Server berjalan pada suatu server yang biasa disebut Node/ Hypervisor pada data center. Jadi anda dapat melakukan aktivitas dalam Virtual Server full 24 jam dengan akses root (utama). Oiya jangan bingung dengan penamaan Virtual Server sendiri ya DomaiNesians. Virtual Server sering juga disebut dengan VPS (Virtual Private Server) atau VM.

Apa Beda Virtual Server dengan Hosting?

Perbedaannya yaitu pada akses kontrolkebutuhan resource dan sistem operasi yang dijalankan. Pada Hosting, anda tidak akan mendapatkan akses root dari server. Apa guna akses root? Akses root merupakan akses utama dari server. Anda dapat melakukan aktivitas apapun tanpa batas ketika anda login dengan username password root. Nah, pada Virtual Server anda bisa mendapatkan akses kontrol tanpa batas dengan login root ini. Kedua, pada Hosting anda tidak dapat memilih ukuran RAM, jumlah core pada CPU, kapasitas penyimpanan SSD maupun bandwidth pada jaringan. Sedangkan pada Virtual Server (VPS) dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ketiga, pada Virtual Server anda bebas menggunakan sistem operasi (OS) yang digunakan. DomaiNesia menyediakan berbagai OS yang dapat digunakan seperti Ubuntu, CentOS, Debian bahkan custom ISO.

 

Apa Kegunaan Virtual Server?

Adapun kegunaan Virtual Server yaitu,
1. Sebagai web server menggantikan fungsi hosting
2. Sebagai server remote desktop
3. Sebagai host server untuk VPN
4. Sebagai storage server

Mengapa Harus Memilih Virtual Server DomaiNesia?

Sebenarnya ada berbagai macam VPS (Virtual Server) yang menjamur di kalangan masyarakat. Yaitu VPS dengan provider luar negeri dan VPS Indonesia. Nah, Virtual Server DomaiNesia ini merupakan salah satu VPS Indonesia yang harus anda pilih. Inilah alasan mengapa anda harus memilih menggunakan Virtual Server di DomaiNesia.

1. Instant Spin

Dengan fitur deploy dan spin VM, anda akan mendapatkan akses root dalam waktu kurang dari 40 detik!

2. Menggunakan SSD (Solid State Drive) sebagai Media Penyimpanan

Tidak tanggung- tanggung, Kami menggunakan SSD sebagai media penyimpanan dalam Virtual Server. Hal tersebut Kami lakukan untuk menunjang kebutuhan anda. Ingin lebih tahu mengenai SSD? Silahkan baca artikel Keunggulan SSD dibanding dengan Hardisk

3. Spesifikasi Node/ Hypervisor yang Cukup Mumpuni

Kami tahu betul bahwa Node/ Hypervisor merupakan pondasi utama dalam terbentuknya Virtual Server dengan performa tinggi. Untuk itu, Kami menggunakan kombinasi dari Dual Intel Xeon E5, Minimum 64GB ECC Registered Memory, Enterprise SSD dengan RAID sebagai Node/ Hypervisor Virtual Server.

4. DomaiNesia menyediakan Lisensi Software

Kami menyediakan lisensi untuk beberapa software berbayar seperti cPanel, CloudLinux, Softaculous, dan lainnya.

5. Menggunakan Bentuk Virtualisasi KVM

Kami menggunakan bentuk virtualisasi penuh dengan KVM untuk efisiensi dan performa tinggi. Tipe KVM ini merupakan bentuk virtualisasi paling bagus karena aktivitas dari satu Virtual Server tidak akan berpengaruh terhadap Virtual Serveryang lain dalam satu Hypervisor. Ingin lebih tahu keuntungan lain menggunakan Virtualisasi KVM pada VPS? Silahkan cek artikel Apa sih Virtualisasi KVM

6. Memiliki OS yang Beragam

DomaiNesia menyediakan berbagai OS (sistem operasi) yang dapat digunakan seperti Ubuntu, CentOS, Debian serta custom ISO.

Bagaimana Cara Order Virtual Server DomaiNesia?

Nah, bagi DomaiNesians yang tertarik dengan keunggulan Virtual Server DomaiNesia, silahkan kunjungi halaman Virtual Server DomaiNesia. Kami memiliki berbagai ukuran Virtual Server dengan harga yang beragam dan dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan. Paket- paket yang kami tawarkan didasarkan pada ukuran RAMcore CPUkapasitas penyimpanan SSD serta bandwidth pada jaringan internet. Semakin tinggi ukuran RAM dan core CPU maka performa Virtual Server menjadi lebih tinggi. Semakin besar SSD, maka semakin besar pula kapasitas penyimpanan file (storage) yang anda miliki. Dan semakin besar bandwidth, tentu saja akses VPS menjadi semakin cepat. Jadi, semua pilihan ada di tangan anda 😀 Adapun langkah- langkah order, silahkan baca Panduan Order Virtual Server DomaiNesia.

 

 

Sumber article By. https://www.domainesia.com/panduan/apa-itu-virtual-server/