Panduan Deploy Website Berbasis Python di cPanel Hosting

Apakah anda pernah mendengar bahasa pemrograman Python? Pernahkan anda tahu bahwa Python bisa digunakan untuk mendeploy/ membangun sebuah website? Hingga saat ini, Python masih menjadi pilihan sebagai bahasa pemrograman yang mudah, powerful dan memiliki performa tinggi. Dikutip dari Wikipedia, Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan dalam membangun website besar seperti Google, Facebook dan Youtube. Hal tersebut menyebabkan website berbasis Python mulai dikembangkan oleh masyarakat. Akan tetapi, sekarang ini belum banyak penyedia jasa layanan Domain dan Hosting yang menyediakan support untuk website berbasis Python tersebut. Sehingga banyak website berbasis Python yang tidak di”online”kan atau menggunakan server lokal saja. Lalu muncul pertanyaan, adakah penyedia layanan yang support Python dan dapat melakukan deploy website berbasis Python di Hosting mereka? Tenang saja! DomaiNesia bisa kok 😍 Di DomaiNesia, anda dapat melakukan deploy website berbasis Python di cPanel Hosting dengan mudah. Mau tahu caranya? Let’s check it out! 😀

Persiapan

Sebelum melakukan deploy website berbasis Python di cPanel, tentunya anda harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Seperti mempersiapkan file website serta mengetahui versi Python yang digunakan.

Cara Deploy Website Berbasis Python

Adapun langkah- langkahnya yaitu,

Step 1 – Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui http://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

Step 2 – Memilih Menu Setup Python App

Setelah itu, silahkan tulis “setup python” pada bagian kolom pencarian. Maka akan muncul menu Setup Python App. Silahkan klik menu tersebut.

Step 3 – Melakukan Deploy Website Berbasis Python

Nah tahap selanjutnya yaitu memilih versi Python yang digunakan. Di Hosting Kami, tersedia versi Python 2.7 hingga 3.5. Sesuaikan dengan versi Python website anda. Di bawahnya, tulis nama folder yang digunakan untuk tempat upload file website. Kemudian, pilih domain / subdomain yang diinginkan. Setelah selesai, silahkan klik Setup.

Step 4 – Menambahkan Module

Terdapat banyak module yang harus anda tambahkan ketika ingin deploy website berbasis Python. Anda juga dapat memilih versi dari masing- masing module. Misalnya, website Python dibuat dengan menggunakan framework Python seperti Django. Maka, anda harus memasukkan module Django sesuai versinya.

Setelah selesai memilih module, silahkan klik Add. Anda juga dapat menambahkan module yang lainnya dengan cara yang sama.

Step 5 – Melakukan Update Dependency

Setelah semua module ditambahkan, silahkan klik Update. Hal ini digunakan untuk melakukan update dependency dari module. Tunggu sebentar hingga proses update selesai. Oiya pada kolom Command for entering to virtual environment, terdapat perintah yang digunakan untuk eksekusi di cPanel Hosting via SSH. Silahkan copy command/ perintah tersebut kemudian paste di Hosting via SSH. Anda dapat melakukannya melalui Putty atau Terminal. Untuk mengetahui cara melakukan akses Hosting via SSH, silahkan baca Panduan Akses SSH via Terminal atau Putty.

Step 6 – Melakukan Restart

Setelah update dependency selesai dan anda telah mengeksekusi perintah/ command tersebut via SSH maka hal selanjutnya yaitu melakukan restart website. Silahkan klik Restart. Tunggu sebentar, dan voila! Deploy website berbasis Python telah berhasil dilakukan!

 

Sumber article By. https://www.domainesia.com/panduan/deploy-website-berbasis-python-di-cpanel-hosting/