Panduan Membuat Child Name Server

Membuat Child Name Server atau name server dengan menggunakan domain sendiri merupakan hal yang biasa dilakukan. Hal ini bertujuan agar situs yang anda miliki terkesan lebih professional dan memiliki nilai jual yang cukup bagus. Sebagai contoh, biasanya name server default yang ada di DomaiNesia untuk domain adalah dns1.domainesia.com- dns4.domainesia.com. Sedangkan untuk hosting yaitu ns1.domainesia.net- ns2.domainesia.net. Nah, dengan child name server anda dapat membuat name server menjadi ns1.domainanda.com dan ns2.domainanda.com. Tentunya disesuaikan domain yang anda miliki.

Apa Syarat Membuat Child Name Server?

Adapun syarat- syaratnya yaitu,
1. Memiliki domain. Baik itu domain TLD maupun yang lainnya.
2. Memiliki IP atau server sendiri yang digunakan untuk mengarahkan name server.

Bagaimana Cara Membuat Child Name Server?

Langkah- langkah dalam membuat Child Name Server sangat mudah. Adapun yang harus dilakukan yaitu,
Adapun langkah- langkah setting DNS melalui kontrol panel domain yaitu,
1. Buka http://dash.domainesia.com pada web browser anda. Pilih tab Customer Login. Lalu masukkan username dan password anda. Username dan password ini merupakan akun anda pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.

2. Maka akan diarahkan ke dashboard domain dan hosting yang anda beli di DomaiNesia

3. Untuk membuat Child Name Server, maka pada bagian sidebar sebelah kiri, pilih My Domains. Kemudian klik pada domain yang anda inginkan.

4. Maka anda akan diarahkan pada halaman pengaturan domain yang anda miliki.

5. Scroll halaman, hingga anda dapat menemukan Child Name Servers pada bagian bawah. Klik pada Child Name Servers

6. Setelah itu, masukkan nama server dan IP Address yang anda inginkan. Misalnya ns1.namadomainanda.com. Untuk menambahkan nama server lain, silahkan klik pada Add more. Kemudian masukkan name server dan IP address server yang anda miliki.

7. Setelah selesai memasukkan child name server, maka klik Save untuk menyimpan pengaturan yang anda buat.
8. Kemudian masukkan alamat name server dibagian name server domain. Apabila mengalami kesulitan, maka anda dapat membacanya di Panduan Mengubah Name Server.
9. Setelah memasukkan alamat name server, jangan lupa untuk klik tombol Save. Agar konfigurasi yang anda buat dapat tersimpan.
10. Tunggu beberapa jam hingga konfigurasi dapat digunakan. Perlu diingat bahwa proses perubahan name server memerlukan waktu 2 x 24 jam.

Bagaimana Saya Tahu Bahwa Child Name Server Sudah Benar?

Anda dapat melakukan pengecekan konfigurasi dengan berbagai cara. Pertama, anda dapat menggunakan domain tools untuk mengecek dns record domain. Misalnya nwtools.com atau mega-check.com. Kedua, pastikan anda telah menampilkan record domain yang anda inginkan.

Sumber article By. https://www.domainesia.com/panduan/panduan-membuat-child-name-server/